Inilah 5 Langkah Awal Agar Anda Sukses Menjadi Programmer



Terkadang ketika seseorang ingin belajar bahasa pemrograman pasti pernah bingung: mulai dari mana, kemana materi yang harus dipelajari, dsb. Ketika saya belajar untuk menjadi seorang programmer, saya pelajari bahasa pemrograman C#. Berminggu-minggu, berbulan-bulan saya masih belum paham betul karena baca-baca buku yang terkadang beda dengan pemahaman kita. Akhirnya selama kurang lebih 3 bulan, saya paham mengenai OOP. Kali ini saya mau share bagi para pemula bagaimana sih supaya cepat memahami suatu bahasa program. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kalian pakai supaya cepat menjadi programmer (jangan dulu handal, kalem saja). :D


1. Cari Sample Project, Code yang Sederhana

Yang pertama adalah mencari sampel (contoh) project atau kode yang sederhana. Banyak situs web yang menyediakan berbagai project gratis, salah satu web yang saya sarankan yaitu di CodeProject.com. Disana tersedia berbagai contoh project dan kode-kode sesuai dengan bahasa yang kalian pelajari. Kalian harus pastikan melihat, mencoba dan memahami setiap kode yang ada. Coba pahami apa fungsi dari kode-kode yang ada itu. Dari sanalah awal-mula kita membuka pemikiran terhadap bahasa pemrograman.


2. Jangan hanya membaca dan menjalankan contoh program saja

Kadang, ketika kita sudah mendapatkan sebuah contoh project/kode, kita sering beranggapan “saya tau ini, pasti bakal begini-begitu”. Jangan salah, kemungkinan itu hanya kemauan kita untuk memanfaatkan contoh project itu tanpa memahami setiap baris kodenya. Oleh sebab itu, coba ketik ulang dan pahami setiap baris dan prioritaskan bagian yang diperlukan saja.

Mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk memahami suatu contoh project. Tak jarang, pemula harus dihadapkan dengan permasalahan yang cukup sederhana dalam suatu contoh project. Salah satu contoh kasus adalah kamu mendapatkan pesan error “Missing Reference …… bla..bla..bla”. Disinilah kamu diberikan cobaan yang cukup membingungkan untuk memecahkan masalah tersebut. Cari-cari di internet sampai ketemu, sampai akhirnya permasalahan itupun terpecahkan dan pemahaman pun akan semakin meluas.


3. Luangkan waktu untuk belajar menulis kode buatan sendiri

Yang ketiga, luangkanlah waktu untuk menulis kode buatan sendiri. Setelah memahami sesuatu tentang bahasa pemrograman atau bahkan jika kamu masih kebingungan ide apa yang harus dituangkan, balik lagi ke nomor dua. Lihat, Baca dan Pahami. Dibagian ini kamu akan dihadapkan dengan beberapa tantangan, tentu akan mengasah dan memperluas pemahaman kita terhadap bahasa pemrograman.


4. Lihat Kesalahan-kesalahan yang diberikan oleh Debugger

Biasanya di sebuah IDE terdapat sebuah panel “Error List” yang menampilkan beberapa kesalahan-kesalahan pada project yang sedang dibuat. Disana kamu akan tau, masalah-masalah apa saja yang harus diselesaikan. Itu tantangan yang diberikan oleh sistem. Untuk memecahkan masalah-masalah tersebut bisa mencari referensi dari internet, coba cari dengan keyword sesuai dengan pesan kesalahannya.


5. Cari Sumber-sumber yang membahas permasalahan kode

Apabila ada masalah yang tidak dapat dipecahkan atau tidak dipahami, kunjungi saja forum WinPoin. Saya yakin forum ini akan banyak yang membantu. Kalau mau yang lebih kompleks coba masuk ke forum CodeProject.com.

Itulah 5 tips cara cepat untuk mempelajari bahasa pemrograman. Semoga tips ini membantu bagi para pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman.

0 Response to "Inilah 5 Langkah Awal Agar Anda Sukses Menjadi Programmer"

Post a Comment

close
close
close