Tips Cara Agar Postingan Blog Muncul Di Halaman Pertama Search Engine

Setelah mengenal dunia blogging pasti kalian ingin sekali postingan blog sobat tampil dihalaman pertama google,bing,yandex dan search engine lainya.Pastikan setelah Anda tahu cara membuat blog dan mempercantik tampilannya, selanjutnya belajar bagaimana cara Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google/SEO di berbagai mensin pencari. Ini sangat penting mengingat trafik tertinggi suatu blog adalah umumnya didapatkan karena posisinya bisa menduduki halaman 1 di google. Berikut dibawah ini adalah contoh beberapa keyword yang saya gunakan

Tips Cara Agar Postingan Blog Muncul Di Halaman Pertama Search Engine
src www.google.com/images


Mengapa demikian? ini disebabkan karena hampir semua pengguna internet selalu mengandalkan mesin telusur tersebut untuk mencari artikel apa saja dari berbagai web. Dalam dunia blogging ini dikenal pula dengan istilah SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah optimasi mesin pencari. Maksudnya di sini kita melakukan segala hal pada internal dan eksternal website kita agar mudah terindeks dan menduduki ranking terbaik, baik itu dari segi domain, artikel, template, dan juga backlinknya. Semua bagian tersebut harus dipahami satu per satu tekniknya agar mudah direalisasikan.

SEO website untuk halaman pertama atau Ranking 1 Google sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja butuh ketekunan dan kerja keras. Selain itu, konsisten melakukan tekniknya setiap hari adalah syarat penting untuk dapat berhasil, ini karena anda bersaing dengan jutaan blogger yang memiliki tujuan yang sama, sehingga sehari saja anda berhenti melakukan optimasi maka bisa dipastikan anda akan kalah saing. Untuk itu disarankan paling tidak sekali sehari melakukan update pada blog anda, terutama pada artikel dan link atau tautan yang mengarah pada situs yang kita kelola.

Faktor Pendukung Agar Postingan Blog Tampil Di Halaman Pertama Search Engine

Ada empat poin yang wajib dilakukan optimasi agar blog kita bisa jadi juara, yaitu tema dan domain, template, artikel dan linknya. Masing-masing butuh penanganan sendiri secara bertahap agar bisa maksimal dan itu dimulai saat pertama kali membangun situs yang akan kita kembangkan, yakni mulai dari memilih tema dan namanya sudah wajib mempertimbangkan apa yang paling pas atau sesuai dengan kaidah SEO dari para Master, berikut penjelasannya:

1.Tema/niche

Setiap orang wajib menetukan tema apa yang akan difokuskan pada websitenya setiap kali ingin memulai membuat, ini karena fokus pada 1 kata kunci jauh lebih baik dari pada membangung blog dengan kata kunci yang beragam karena sudah pasti akan kalah bersaing dengan yang hanya berkutat pada keyword yang itu-itu saja.

Untuk itu, pastikan anda tahu cara riset keyword dengan baik yang mana ini fungsinya sebagai alat untuk menganalisa kata kunci apa yang banyak dicari di google tiap bulannya, karena tidak ada artinya membuat website masuk halaman pertama di google kalau ternyata tema yang dibahas tidak ada yang mencari atau membutuhkannya. Sangat disarankan cari yang pencariannya minimal 5000 kali dalam sebulan.

2.Memilih Domain

 Setelah diputuskan tema blog yang pas, selanjutnya catat dan usahakan saat membuat alamat website atau domain yang akan dibeli ada kemiripan dari temanya atau paling tidak menyertakan kata dari tema tersebut. Maksudnya begini, misalnya saja temanya soal “cara biar blog seo’, nah usahakan nanti pada domainnya ada kata tersebut atau kata yang menyangkut dengan itu, contoh seoblog.com dan lainnya.Ini fungsinya agar google mudah membaca relefansi antara domain dan pembahasan dalam web anda yang tentunya akan berimbas pada posisinya di mesin pencari.

Mengenai Cara Membeli Domain .com yang sudah kami bahas, walau tidak menjadi faktor utama blog atau website berada di halaman pertama Google tapi ini bisa memberi sedikit pengaruh, apalagi sekarang ini banyak isu yang muncul di kalangan blogger bahwa TLD (Top Level Domain) mempengaruhi posisi artikel suat blog di pencarian. Selain itu, kepercayaan pengunjung blog akan lebih tinggi dibanding menggunakan yang gratisan yang sekarang ini banyak sekali ditemui yang memberikan tutorial yang tidak berkualitas.

3.Tempalte yang responsive

Maksud responsive adalah template blog yang sangat cepat loadingnya dan enak dipandang oleh para pembaca blog anda bagian ini sudah masuk pada tata letak dan tampilan dari website yang kita bangun, tapi jangan salah kalau ini juga bagian terpenting yang harus diperhatikan agar website kita mudah ranking 1 di google, terutama tampilannya yang sederhana dan memiliki kecepatan loading yang tidak lebih dari 5 detik setiap kali di akses, tapi untuk lebih jelasnya perlu diterangkan satu per satu

A. Edit Script-nya

Script di sini adalah kode yang menjalankan templatenya dan dari sini Google membaca isi dari blog anda, semakin sesuai dengan cara kerjanya maka akan semakin gampang terbaca. Berikut adalah beberapa yang harus jadi pengaturannya:

Pastikan dilengkapi dengan Title Tag. Untuk blog wordpress biasanya tinggal pakai plugin seperti SEO by Yoast, tapi untuk pengguna blogspot bisa dengan langsung melakukan setting dengan masuk ke bagian Dashboard >> Setelan >> Dasar >> lalu atur Judul nya. Selanjutnya, di bagian Setelah >> Preferensi Penelusuran >> Aktifkan Deskripsi (cukup aktifkan dan kosongkan saja karena di atas sudah diatur deskripsinya).

B. Meta description

jangan sampai tidak tertera dalam templatenya. Sekali lagi, untuk WordPress silahkan gunakan Yoast, tapi bagi yang memakai blogger maka cukup melakukan pengaturan ringan di bagian dashboard dan pada saat menulis artikelnya. Caranya, masuk ke Dashboard >> Setelan >> Dasar >> lalu atur Deskripsi-nya. Selanjutnya, di bagian Setelah >> Preferensi Penelusuran >> Aktifkan Deskripsi (cukup aktifkan dan kosongkan saja karena di atas sudah diatur deskripsinya).

C. Struktur heading

Tersedia pengaturan struktur heading yang baik, mulai dari H1, H2, H3, H4 dan seterusnya. Kalau di blogspot usahakan di dalam artikel ulang kembali judulnya lalu di-Bold dan pilih Heading 2 di bagian toolbar di atasnya (klik danda panah kecil dekat tulisan ‘Paragraph”). dan bila ada sub judul lanjutan maka gunakan lagi Heading selanjutnya, yakni Heading 3 dan seterusnya.

D. Pasang Widget Yang Penting

Jangan sampai terlupakan, harus ada fitur “Artikel Terkait” atau “Related Post” di bagian bawah setiap artikel karena ini fungsinya untuk mengurangi Bounce Rate (persentase jumlah pengunjung yang meninggalkan blog kita begitu telah membaca 1 artikel, tanpa membaca artikel lainnya). Jika tidak mau repot sebaiknya sebelum memutuskan memakai sebuah template maka pilihlah yang sudah dilengkapi ‘senjata’ tersebut karena jika tidak nantinya akan mempengaruhi trafik, sebab google tidak senang dengan web yang jumlah bounce ratenya terlalu tinggi, dan umumnya akan mendapat hukuman berupa penurunan SERP (Search Engine Rank Page).

E. Breadcrumbs

Terdapat sistem “breadcrumbs” di dalamnya untuk memudahkan Google mengenali struktur dalam blog, ini bisa anda lihat di bagian atas judul artikel saat membuka artikel sebuah blog dan akan tampil seperti ini: Home >> Blogging >> Cara membuat blog.

Faktor pendukung lainnya

1.Gambar/Image

Template blog yang bagus dan bisa mempengaruhi posisinya di google adalah minim penggunaan gambar di dalamnya. Memang tidak akan mempengaruhi ranking artikel di mesin pencari, tapi secara tidak langsung akan memberi dampak pada jumlah pengunjungnya, karena jika mereka harus menunggu lama hanya untuk membaca 1 artikel saja disebabkan loadingnya yang lambat maka bisa dipastikan visitor tersebut akan lebih memilih menutupnya dan beralih ke website lain.

Hal yang paling perlu diperhatikan di sini adalah gambar latar dari templatenya, disarankan sebaiknya gunakan kode warna saja.

Widget – Kebanyakan blogger pemula yang juga ingin blognya muncul di halaman pertama google tidak memperhatikan soal penggunaan widget, kebanyakan dari mereka asal pasang saja sekalipun tidak penting, padahal efeknya akan mengakibatkan loading blog juga semakin melambat, selain itu belum tentu semua yang kita pakai akan digunakan orang, misalnya widget tanggal, animasi, dan lainnya.

Jika ingin meniru para Master, umumnya mereka hanya menggunakan widget Artikel Terpopuler dan Terbaru serta Like Box media sosial untuk menambah pembaca blog mereka, selebihnya mereka hindari karena tidak baik buat SEO.

2. Backlink

Makna backlink di sini adalah link atau tautan dari website lain yang mengarah ke halaman utama atau artikel blogmu. Untuk saat ini bukan jumlahnya yang diperhitungkan melainkan kualitas dari tautan tersebut, dan yang paling baik adalah yang mengandung anchor text atau kata kunci yang sesuai dengan tema blog, misalnya temanya soal ‘cara membuat semua hal’ seperti yang dilakukan CaraSpot ini, maka paling tidak backlinknya menyertakan salah satu dari kata tersebut agar mudah mendapat poin ranking dari google.

Dan untuk saran ini kami sangat menyarankan untuk membuat blog dummy yang terus dioptimasi setiap harinya. Selain itu anda juga harus pelajari beberapa ketentuan dalam cara mencari backlink yang aman agar terhindar dari penalty google karena efeknya bisa sangat buruk.

Pada dasarnya bagian terpenting dari trik dan tutorial ini adalah pada optimasi backlink dari website itu sendiri. Jika anda tahu persis bagaimana melakukan ini maka anda tak perlu lagi jasa atau pun belajar lama mengenai ini yang biayanya selangit, dan bahkan ada yang mematok biaya hingga 5 juta untuk sekali belajar.

Berbeda dengan kami biayanya cuma Rp. 1.000.000 untuk sekali pelatihan. Karena rahasianya simple sekali, jadi dalam satu malam, kurang lebih 2 jam saja, anda sudah bisa tau persis bagaimana melakukannya. Cara belajarnya adalah dengan chating menggunakan Facebook, jadi lebih akrab dan mudah menjelaskannya. 

Jadi ranking 1 di Google atau agar blog masuk halaman pertama Google dan mesin pencari lainnya hanya dengan mengetahui 3 pokok pengaturan di atas, untuk pastikan tidak ada yang terlewatkan agar anda bisa memenangkan persaingan dengan website lainnya. Sekali lagi, apa pun yang kita lakukan sebenarnya tergantung pada ketekunan kita, semakin disiplin dilakukan maka akan semakin cepat dilihat hasilnya.

Tidak perlu tahu banyak untuk bisa menjadi Master dalam hal apa pun, tapi ‘Cukup tahu satu dan langsung praktek satu. Tidak perlu menunggu tahu seribu kemudian praktek seribu ilmu tersebut.’ Maksudnya, kalau mau jadi Master dalam semua hal maka kuncinya adalah tiap mengetahui sesuatu langsung diterapkan saja maka lambat laun tanpa disadari pengetahuan anda sudah selangit.

Cara Agar Postingan Blog Tampil Di Halaman Pertama Google Dengan Mudah

setelah tadi saya bahas tentang faktor pendukungnya mari kita bahas caranya biar blog bisa page one di serp. Seo sendiri Adalah harapan para blogger dan webmaster bahwa blog nya bisa muncul di Google. Dengan begitu maka berpotensi mendatangkan pengunjung organik dari searh engine. Terlebih lagi jika anda pelaku bisnis online, tentu apabila blog nya bisa menduduki halaman pertama Google, besar kemungkinan blog anda akan ramai pengunjung dan pada akhirnya bisa meningkatkan penghasilan anda.

Biasanya blog yang baru di buat atau baru di bangun itu sulit banget bisa tampil di Google. Hal itu dikarenakan robot Google belum mengindeks ke situs anda. Selain itu, blog/website yang jarang update juga akan sulit ditemukan di Google kalau kualitas blog nya kurang bagus dalam segi SEO-nya.

Bagi anda yang blog nya belum atau tidak muncul di Search Engine Result Page (SERP) Google, tidak perlu berkecil hati atau galau. Anda masih punya banyak waktu untuk mengatasinya. Caranya bagaimana? Berikut saya jelaskan tips Cara Agar Blog / Website Muncul di Google.

1. Submit Url Blog Anda di Google

Silahkan beritahu Google bahwa anda punya blog/website baru agar Google bisa segera mengindeks nya. Yakni dengan cara kunjungi url ini www.google.com/addurl/ dan kemudian masukkan alamat url blog/web anda. Setelah itu klik submit. Jangan lupa sebelum mengunjungi halaman tersebut, anda harus log in dulu dengan menggunakan Account Google.


2. Daftarkan Blog/Web Anda di Google Webmaster Tools

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah mendaftarakan blog anda di Google Webmaster Tools. Hal ini dilakukan untuk memberi tahu Google bahwa anda punya blog baru. Dan Google bisa segera mengindeks blog anda di halaman hasil penelusuran nya. Apabila anda belum melakukan hal ini, silahkan pelajari selengkapnya tentang Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools.

3. Kirim Sitemap/Peta Situs di Google Webmaster Tools

Langkah selanjutnya adalah mengirim sitemap di Google Webmaster. Tujuan melakukan hal ini adalah agar halaman posting blog anda bisa terindeks di Google secara keseluruhan. Tentu saja ini sangat menguntungkan, karena artikel yang dibuat dengan susah payah bisa muncul semuanya di Google Search. Sehingga berpotensi mendatngkan ribuan visitor ke situs anda. Belum kirim peta situs? Baca selengkapnya tentang Cara Mengirim Sitemap / Peta Situs di Google Webmaster Tools.

4. Rutin Update Blog

Blog yang selalu di update tiap hari secara rutin, tentu lebih di sukai oleh Google, dibandingkan dengan blog yang jarang update. Hal itu dikarenakan Google dalam halaman hasil penelusurannya cenderung menampilkan posting-posting terbaru dari berbagai website dan blog.

5. Buat Artikel / Posting Original

Selain rajin update blog, yang tak kalah penting adalah konten artikel yang original, bukan artikel hasil copas yang diterbitkan di blog/website anda. Google juga cenderung lebih cinta dengan konten asli di bandingkan konten hasil copas. Anda tau sendiri kan apabila orang sudah terlanjur jatuh cinta, pasti akan ditempatkan pada urutan pertama yang dicintainya. Begitu juga dengan Google hehe

6. Submit Posting Terbaru di Social Bookmark

Situs social bookmark bisa membantu blog anda untuk ditemukan di Google. Pasalnya, mereka (situs social bookmark) mempunyai trafik dan pagerank tinggi daripada blog anda. Selain itu, situs-situs tersebut bisa meningkatkan trafik ke blog anda dan blog anda juga akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dari situs tersebut. Ada banyak sekali situs social bookmark di internet, misalnya seperti Lintas.me, Infogue.com, dan masih banyak lagi.

7. Lakukan Ping pada Posting Terbaru

Tujuan melakukan ping adalah untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh search engine terhadap posting terbaru di blog anda. Bahkan dalam hitungan detik sudah bisa muncul di Google. Luar biasa bukan?  kalau posting terbaru langsung bisa tampil di Google, maka berpotensi mendatangkan banyak visitor ke blog anda. Situs ping yang terkenal adalah totalping.com, googleping.com, dan masih banyak lagi.

8. Blogwalking

Apabila anda punya banyak waktu, tidak ada salahnya untuk melakukan blogwalking. What is blogwalking? Adalah aktivitas saling berkunjung dan berkomentar antar sesama blogger. Komentar yang diberikan oleh pengunjung bisa menyumbang keyword di search engine. Oleh karena itu, setelah anda menerbitkan posting terbaru di blog kesayangan anda, silahkan lakukan blogwalking ke blog-blog teman anda.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Agar Blog / Website Muncul di Google. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.thanks udah berkunjung di blog kami

47 Responses to "Tips Cara Agar Postingan Blog Muncul Di Halaman Pertama Search Engine"

  1. Wah thanks gan tutorialnya sangat lengkap sekali

    ReplyDelete
  2. thanks gan jadi bisa seo aku lengkap sekali tutornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan makasih dah mampir di blog ane

      Delete
  3. wah thanks gan caranya sangat lengkap sekali hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan sama sama thanks dah berkunjung

      Delete
  4. mantab gan sangat bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  5. Thanks gan blog saya jadi cepat terindex sekarang

    ReplyDelete
  6. Wah semoga saja dengan cara ini saya juga bisa seo onpage

    ReplyDelete
  7. mantab gan sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  8. Ane bw di grub, gk butuh waktu lama artikel ane dah nongkrong di page 1 :D

    ReplyDelete
  9. http://timbangananalitiklab.blogspot.co.id/

    http://softwareilfat.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL JAMIN 100% TLP AKI MANGKUBUNO NMR (_0_8_5_2_0_3_3_3_3_8_8_7) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH TERBUKTI 9X TRIM’S ROO,MX

      Delete
  11. Makasih artikelnya sangat membantu... punya aku agak menurin pengunjungnya ...gara garanya dulu sering ganti template..padahal hampir mendekati ratusan...sekarang cuma puluhan eee...bagaomana caranya ya supaya menongkat yaa... makasih

    ReplyDelete
  12. Rutin update blog penting sekali ternyata gan, dan terapkan seonya

    ReplyDelete
  13. oh begitu yap, makasih artikelnya sangat berguna buat bloger pemula kaya saya

    ReplyDelete
  14. Untuk ping sendiri saya baru tahu belakangan ini. Semangat berbagi tips terus ya :)

    ReplyDelete
  15. lengkap banget nggak kaya blog sebelah hehehe

    ReplyDelete
  16. Jelas memberikan manfaat bila struktur seo diatas dijalankan terutama optimasi bagi blog www.seratblog.ga

    ReplyDelete
  17. Bookmark saja dulu gan, bw balik ya

    ReplyDelete
  18. Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  19. thank infonya gan, submit url selalu saya lakuin.

    ReplyDelete
  20. selalu saya lakukan hal"diatas tapi nggak muncul"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kurang beruntung gan, jangan menyerah gan

      Delete
  21. Kalo saya sih sudah dicoba semua cara2 diatas dan memang terbukti bisa menaikkan posisi artikel saya di halaman pertama google. Tapi saat artikel sudah di.halaman.pertama.google artikel saya selalu berubah2 posisi gan dihalaman pertama, kadang ke3 kadang ke5 itu penyebabnya apa ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu penyebabnya menurut Ane karena ada artikel lain yang menggunakan cara yang sama, jadi saing2an jadinya

      Delete
  22. AnonymousJune 10, 2018

    Hello friend, i want to share my testimony on how i got my BLANK ATM card which have change my life today. i was once living on the street where by things were so hard for me, even to pay off my bills was very difficult for me i have to park off my apartment and start sleeping on the street of Vegas. i tried all i could do to secure a job but all went in vain because i was from the black side of America. so i decided to browse through on my phone for jobs online where i got an advert on Hackers advertising a Blank ATM card which can be used to hack any ATM Machine all over the world, i never thought this could be real because most advert on the internet are based on fraud, so i decided to give this a try and look where it will lead me to if it can change my life for good. i contacted this hackers and they told me they are from Australia and also they have branch all over the world in which they use in developing there ATM CARDS, this is real and not a scam it have help me out. to cut the story short this men who were geeks and also experts at ATM repairs, programming and execution who taught me various tips and tricks about breaking into an ATM Machine with a Blank ATM card.i applied for the Blank ATM card and it was delivered to me within 3 days and i did as i was told to and today my life have change from a street walker to my house, there is no ATM MACHINES this BLANK ATM CARD CANNOT penetrate into it because it have been programmed with various tools and software before it will be send to you. my life have really change and i want to share this to the world, i know this is illegal but also a smart way of living Big because the government cannot help us so we have to help our self. if you also want this BLANK ATM CARD i want you to contact the Hackers email on jameshacker157@gmail.com or visit my youtube: https://www.youtube.com/watch?v=-ZK4Mz93xiA

    ReplyDelete

close
close
close