Langkah Yang Harus dilakukan Setelah Mengganti Domain Blog TLD

Untuk membuat blog yang lebih profesional dan pastinya mempunyai trafik tinggi, banyak blogger yang berganti domain gratisannya dengan TLD. TLD singkatan dari Top Level Domain yaitu seperti .com, .co.id, .net dan sebagainya.

Berganti domain juga biasanya dilakukan oleh blogger yang ingin mengubah niche atau tema dari blognya. Misalnya blog yang tadinya berdomain www.sport.com dengan niche olahraga, berganti domain menjadi www.mp3.com dengan niche tentang mp3.

Ada sebab maka ada akibat. Yup, dengan kita mengganti domain blog kita tentu ada akibatnya dari sisi positif maupun negatifnya. Maka dari itu kita harus mengetahui apa sisi negatif dan sisi positif berganti domain untuk blog kita. 

Sisi Positif Mengganti Domain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika dilihat dari sisi positifnya yaitu domain blog akan tampil profesional dan elegan. Misalnya jika anda membuat sebuah blog di blogspot.com, tentu domainya akan seperti username.blogspot.com. Lalu anda ganti domain tersebut dengan domain www.username.com. Jika anda bandingkan keduanya tentu lebih elegant domain yang kedua dan lebih terlihat simpel dan gampang di ingat bukan ?

Sisi Negatif Dari Mengganti Domain

Jika di lihat dari sisi negatifnya mungkin lebih banyak dari pada sisi positifnya. Mengganti domain suatu bog sama saja dengan membuat blog baru! Loh kok?
Alexa, pagerank, backlink akan kembali menjadi nol di domain yang baru tersebut. Trafik akan sedikit melonjak turun! Why?

Karena hasil SERP yang juga ikut turun dengan domain baru itu tersebut.

Namun jangan khawatir semua itu akan kembali stabil setelah selang beberapa waktu. Dan mungkin waktu yang agak lama dengan usaha yang lumayan banyak.

Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan setelah mengganti domain suatu blog agar semua cepat kembali stabil seperti semula. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Daftarkan blog anda ke Webmaster Google dan Bing

Agar blog bisa segera muncul lagi di search engine baik Google, Bing, Yahoo, dan lainnya kita harus segera daftarkan alamat url blog/website ke webmaster lalu di verifikasi. Caranya mudah kok untuk melakukannya.

2. Kirim Sitemap di Webmaster Bing dan Google

Agar seluruh postingan anda bisa terindeks search engine, maka anda perlu mengirim sitemap / peta situs ke Webmaster. Dengan cara ini akan mempermudah search engine dalam merayapi halaman blog / web anda.

3. Verifikasi Alexa

Bagi sebagian besar blogger, ranking dari Alexa itu penting. Jika anda merasa demikian, maka anda perlu memverifikasi alamat url blog anda di situs alexa karena pasti setelah anda mengganti domain rangking alexa anda akan turun. Nanti anda akan diminta untuk memasukkan kode alexa di edit template blog.

4. Update Blog Anda Dengan Rutin

Agar blog bisa pulih seperti sediakala, seperti traffic, ranking alexa, dan lai sebagainya, maka anda perlu melakukan update rutin setiap hari agar hal-hal yang tadinya turun. Dan jangan lupa, postingan anda harus yang menarik dan original ya :).

5. Mencari Backlink

Langkah yang kelima setelah anda mengganti domain yaitu mencari backlink agar blog anda bagus di SERP Google.

6. Promo dan Masih Banyak Lagi

Masih ada banyak lagi langkah-langkah lainnya yang belum disebutkan diatas, seperti melakukan promosi blog, blogwalking, dan sebagainya. Silahkan anda bisa mencari referensi lain :D.

Semoga artikel Langkah Yang Harus dilakukan Setelah Mengganti Domain Blog ini bisa membantu sobat...

0 Response to "Langkah Yang Harus dilakukan Setelah Mengganti Domain Blog TLD"

Post a Comment

close
close
close