10 Bahasa Pemrograman Terpopuler Didunia

Bahasa Pemrograman di dunia ini begitu banyak , namun hanya beberapa Bahasa Pemrograman yang populer di dunia. Menurut hasil survei Bahasa Pemrograman Terpopuler Dunia Tahun 2016 yang dirilis TIOBE, menunjukan beberapa perubahan peringkat bahasa pemrograman yang menghuni 10 peringkat teratas dunia. Apa saja bahasa pemrograman yang berada di 10 peringkat teratas di dunia tahun 2016 ini ?, Berikut ulasannya yang kami rangkum untuk anda :

1. Java

Penghuni peringkat teratas bahasa pemrograman paling populer versi Tiobe yaitu Java. Bahasa pemrograman java pernah di perebutkan hak patennya oleh Google dan Oracle. Oracle menggugat Google di tahun 2010, mengklaim bahwa Google secara sembunyi-sembunyi memasukkan komponen bahasa Java ke Android. Java dipandang sebagai bahasa pemrograman yang unggul dan sering digunakan untuk IoT, arsitektur perusahaan, dan komputasi awan. Menurut versi Tiobe, Java mendapatkan kenaikan sekitar 5% dari tahun 2015. Membuktikan java sebagai bahasa pemrograman paling populer sedunia dengan persentase 21 % di 2016 ini.


2. C


Menduduki peringkat ke 2 di tahun 2016 ini , bahasa pemrograman C hanya mendapat 16% perhatian dunia dan mengalami penurunan 0,7%. Bahasa ini awalnya dikembangkan di AT&T Bell Labs oleh Dennis Ritchie mulai tahun 1969 sampai 1973. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural dan bukan berbasis objek. Menurut Mashable, C cukup diminati karena berbagai keunggulan, yakni kecil, cepat dan kuat.


3. C++
Bahasa pemrograman ketiga yang layak kamu coba adalah C++. Bahasa ini banyak digunakan untuk membuat aplikasi. Bahasa C++ juga telah distandarisasi oleh International Organization for Standardization (ISO). Mendapatakan kenaikan di bawah saudara tuanya C , di tahun 2016 C++ mendapatkan perhatian dunia sebesar 7% dan mengalami kenaikan dari tahun 2015 sebesar 0,2%.


4. C#


Tampaknya keluarga C mendominasi peringkat 4 teratas bahasa pemrograman terpopuler di dunia , adalah C# milik Microsoft yang menduduki peringkat ke 4 dengan persentase 4,7 % di tahun 2016 ini. Microsoft mengklaim bahwa dengan menggunakan C#, kita bisa membuat aplikasi client Windows, layanan Web XML, komponen terdistribusi, aplikasi client-server, aplikasi database, dan masih banyak lagi.Visual C# juga menyediakan editor kode yang canggih, desain antarmuka yang nyaman, debugger yang terintegrasi, dan alat-alat lain untuk membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi berbasis pada bahasa C# dan .NET Framework.


5. Python

 


Python menghuni peringkat 5 tahun ini. Dianggap sebagai bahasa pemrograman untuk semua orang, kode sumber Python tersedia secara bebas dan terbuka untuk modifikasi dan digunakan kembali. Menurut laporan WANTED Analytics baru-baru ini, permintaan untuk ahli pemrograman Python meningkat 96,9% pada posisi data besar dalam setahun terakhir. Adapun perusahaan yang membutuhkan keahlian tersebut diantaranya Cisco, IBM, Oracle, Teradata dan Sabre. Python merebut perhatian dunia dengan 3.8 % di tahun 2016 ini.


6. PHP



Urutan berikutnya adalah PHP, bahasa yang menjadi kerangka bagi banyak sistem manajemen konten (CMS) masa kini termasuk WordPress. Bahasa pemrograman yang ciptakan Rasmus Lerdorf pada tahun 1994 ini dianggap sebagai alat penting untuk membangun aplikasi web modern. Menduduki peringkat 6 dunia tahun 2016 ini, tidak mengalami perubahan peringkat sejak tahun 2015.


7. Visual Basic .NET


Bahasa Pemrograman yang dimiliki Microsoft selain C# ini menduduki peringkat 7 dunia dengan persentase 2,5% di tahun 2016 ini. Sangat jauh menaiki peringkat yang di tahun 2015 ada di peringkat 16. Visual Basic atau yang lebih dikenal dengan bahasa Basic ini dikenal sebagai bahasa yang mudah di pelajari dan memiliki banyak keunggulan layaknya C#. Visual Basic .NET digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi di bawah platform Microsoft contohnya aplikasi Windows OS, Azure , dan banyak lagi.


8. JavaScript


Bahasa pemrograman berikutnya yakni JavaScript. JavaScript secara luas dianggap sebagai bahasa web dan digunakan untuk menambah interaktivitas ke halaman web. Bahasa ini mendukung semua web browser termasuk Safari, Internet Explorer, Microsoft Edge,Google Chrome dan Firefox. Menduduki peringkat 8 dengan 2,6% ketertarikan dunia terhadap JavaScript di tahun 2016 , naik tajam dari peringkat 14 pada tahun sebelumnya.


9. Assembly Language


Entah bagaimana bahasa tingkat rendah dan sulit di pelajari ini bisa menanjak tajam ke peringkat 9 dunia dengan 2% ketertarikan dunia. Assembly adalah program tingkat dasar yang menerjemahkan bahasa mensin langsung ke pada programmer. Assembly di kenal sulit dipelajari karena sintaksisnya yang rumit juga pengalamatan memori yang masih dilakukan manual, artinya anda perlu memahami register dan segala komponen intruksi prosessor. Sebagai keunggulannya Assembly merupakan bahasa pemrograman yang ringan dan cepat dalam eksekusi program.


10. Ruby


Salah satu bahasa yang mudah diperlajari adalah Ruby. Bahasa ini sering digunakan untuk pemrograman web. Ruby on Rails juga dinobatkan sebagai bahasa pemrograman paling berharga 2015 versi Quartz Max Nisen. Menduduki peringkat 10 dunia di 2016 dengan persentase 2,6%.


Itulah 10 Bahasa Pemrograman Populer di Dunia tahun 2016, Peringkat ini dapat berubah sewaktu-waktu, karena tergantung pada sebarapa canggih bahasa pemrograman tersebut di kembangkan dan segala fitur yang mendukungnya, semakin banyak fitur maka Dunia akan semakin tertarik pada bahasa pemrograman tersebut.

0 Response to "10 Bahasa Pemrograman Terpopuler Didunia"

Post a Comment

close
close
close