Penyebab Sitelink Hilang Dari Pencarian Google Dan Bagaimana Cara Mengembalikannya

Apa itu sitelink ? Sitelink merupakan sebuah turunan Link yang diberikan oleh Google terhadap sebuah blog yang memiliki Umur dan juga kualitas konten yang terbilang cukup bagus dan juga berkualitas untuk para pengguna Mesin pencari.

img src from faesiana.com

Sitelink sendiri didapatkan dari beberapa cara, yaitu langsung membuatnya Di webmaster Google atau biasanya google akan secara langsung memberikan cuma-cuma kepada anda. Blog yang memiliki kualitas terbaik akan lebih mudah untuk mendapatkan sitelink dari Google.

Pasalnya tidak semua blog yang berumur lama bisa mendapatkan sitelink dengan cepat. Ada yang bertahun-tahun baru bisa mendapatkan sitelink namun juga ada blog baru yang hanya beberapa bulan saja sudah muncul dihasil pencarian Google.

Misalnya saja blog saya pribadi. Blog ini baru saja berumur 1 bulan lebih namun setelah saya minta sitelink dari Google dalam beberapa minggu saja sudah muncul.

Ini membuktikan bahwa pemberian sitelink bukan dilihat dari umur atau lamanya sebuah blog melainkan dilihat dari kualitas dan juga konsitensi dari sebuah blog untuk memberikan artikel berbobot dan juga berkualitas tinggi.

Sampai saat ini sitelink menjadi salah satu pemberian dari google yang mungkin cukup bermanfaat dampaknya terhadap Blog kita, Sebagian blogger diluar sana yang masih pemula masih bisa dikatakan bingung dengan apa itu sitelink dan bagaimana cara mendapatkan sitelink untuk situs yang mereka miliki.

Sitelink itu mudah untuk dibuat namun keputusan juga masih ada ditengan Google sendiri apakah akan memberikan sitelink dalam jumlah yang banyak atau minimal hanya 2 sitelink saja.

Tergantung dari kualitas Blog anda sendiri bisa mendapatkan peringkat nomor berapa dimesin pencari.

Sebenarnya Apa Sih Manfaat Mendapatkan Sitelink Untuk Blog kita ?

Banyak sekali manfaat yang diberikan oleh sitelink terhadap blog kita, mungkin kita tidak pernah menyadari bahwa ada segudang manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya sitelink dari blog kita dihalaman mesin pencari.

Berikut ulasannya ada dibawah ini.

a. Mudah Mendapatkan Trafik Blog

Yang pertama tentu saja kemudahan dalam mendapatkan banyak trafiik blog, sitelink blog bertujuan agar pengunjung bisa mendapatkan banyak pilihan mengenai kategori maupun artikel yang mereka baca.

Biasanya Google akan menampilkan maksimal 10 sitelink untuk blog yang paling bagus dan biasanya sitelink yang ditampilkan berupa Kategori maupun sub per sub dari setiap artikel yang terbit.

Dan biasanya sitelink yang muncul bukanlah URL atau LINK yang kalian kirim. Link atau URL yang kalian kirim hanya untuk pancingan saja agar google mau merayapi situs kalian dengan cepat dan memilih sitelink berdasarkan konten yang benar-benar real kalian buat sendiri dan biasanya sitelink yang ditampilkan adalah konten yang unggul dimesin pencari.

Nah dengan adanya sitelink dari konten dan juga kategori blog ini kalian para pemilik blog akan kebanjiran pengunjung setiap harinya.

Terlebih sitelink menggambarkn bahwa blog kalian lebih berkuasa dibandingkan dengan blog lainnya yang mempunyai nama yang sama.


b. Lebih Memiliki Otoritas Yang Baik

Kemudian dengan adanya sitelink ini blog kalian akan terlihat memiliki Otoritas yang baik dimesin pencari, apa itu Otoritas ? Otoritas jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu " Kekuasaan". Apa arti kekuasaan dari sebuah blog ?

Kekuasaan dari sebuah blog ini akan mempengaruhi indexing dari Konten artikel yang kalian buat, semakin nilai otoritas blog tinggi maka semakin besar pula kekuasaan artikel yang lebih mudah terindeks dimesin pencari.

Kita lihat saja pada bagian sitelink, ketika sitelink kalian tampil dalam beberapa link, saya anggap saja 6 link turunan yang diberikan.

Maka untuk penelusuran lain akan dikurangi sesuai dengan jumlah link turunan tersebut. Sehingga posisi Blog anda lebih dominan dimesin pencari, sedangkan Blog lainnya akan turun ke page selanjutnya.

c. Artikel Mudah Terindeks Google

Yang berikutnya yaitu artikel kalian akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari, ini juga ada kaitannya dengan umur dan juga trust dari mesin pencari " Kepercayaan".

Kalau mesin pencari sudah memberikan sitelink terhadap blog kalian maka biasa dipastikan mesin pencari sudah memberikan kepercayaan penuh terhadap Blog kalian untuk memberikan konten artikel yang berkualitas.

Itulah mengapa konten blog yang dbuat oleh Blog atau situs yang sudah berumur lama akan lebih mudah terindeks mesin pencari dan selalu berada dihalaman pertama.

Tak heran jika mesin pencari akan menemukan artikel kalian dengan cepat, alasannya sangat simpel, mesin pencari sudah percaya dengan blog kalian.

d. Blog Lebih Profesional

Yang berikutnya dengan adanya sitelink ini blog kalian akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan blog lainnya, ini merupakan salah satu kebanggaan sendiri bahwa blog kita bisa berkembang dengan baik. Jarang-jarang blog bisa mendapatkan sitelink dalam waktu yang lama.

Biasanya dalam beberapa bulan saja sitelink blog ini akan menurun jumlahnya dan akhirnya hilang sendiri.

Lantas apakah ada masalah dengan blog kita ? Nanti akan saya bahas lebih lanjut.

Intinya ketika blog sudah mendapatkan trust dan juga Otoritas yang baik maka GOOGLE tidak akan pelit-pelit untuk memberikan hadiah berupa sitelink kepada blog kalian.


e. Blog Terlihat Lebih SEO Dimesin Pencari


Blog yang sudah ada sitelinknya akan terlihat seo dimesin pencari dan ini memang benar, bukti dari blog yang seo setelah mendapatkan sitelink yaitu dari tingkat kepopuleran blog tersebut yang dikunjungi oleh para pembaca di internet.Kemudian dari segi tampilan sendiri serta konten yang mendukung blog lebih baik lagi.Blog yang seo adalah blog dengan konten artikel dengan bahasan yang mudah untuk dicerna oleh para pembaca di Internet bukan untuk Robot yang ada di internet.

Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Sitelink Sebuah Blog ?

Untuk mengetahui sitelink sebuah blog itu tidak sulit, dan cukup mudah untuk dilakukan.

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa sitelink ini merupakan sub artikel atau ketegori turunan yang dilampirkan pada saat orang atau pengguna internet mengetikan nama blog kita dimesin pencari.

Maka secara otomatis Nama blog akan muncul denga diikuti beberapa link turunan yang paling bagus dan rekomendasi dari google untuk ditampilkan.

Tentu saja konten atau kategori yang dijadikan sitelink bukan merupakan konten Copas.

Harus benar-benar real dan juga relevan. Ada beberapa jenis sitelink saat ini yaitu sitelink dengan jajaran konten artikel dan juga sub kategori dan juga sitelink dengan tambahan Box Search yang mana box search ini diberikan untuk blog-blog yang sudah senior dan mendapatkan banyak kunjungan dari mesin pencari.

Bagaimana Cara Saya Membuat Sebuah Sitelink Blog ?

Untuk membuat sitelink blog itu mudah dan tidak perlu membayar dengan cara apapun, cukup kalian berkunjung ke google webmaster yang merupakan alat Tools bagi para pengambang website.

Dengan memanfaatkan Google Webmaster kita bisa membuat sitelink dengan mudah. Namun ingat, Biasanya google tidak akan langsung menampilkan sitelink dalam waktu yang cepat.

Butuh waktu juga untuk melihat dan memantau situs kalian sudah layak atau belum untuk menerima hadiah dari Mbah Google.

Nah cara ini bisa kalian lakukan dengan mengunjungi Google Webmaster.

# Langkah pertama silahkan kalian berkunjung ke google webmaster. Kemudian setelah itu masuk dibagian Search Konsol. Nah disitu ada pilihan Menu Penelusuran. Klik saja dan lihat ada Menu lagi yaitu Taut Situs. Kalau webmaster dalam bahasa Inggris maka tulisannya SITELINK.

sitelink blog



# Setelah kalian buka maka ada 2 menu kolom, yang kolom atas merupakan URL blog kalian. namun abaikan saja karena yang atas tidak dipakai. Kemudian yang kolom kedua adalah kolom DEMOSIKAN situs. Nah ini yang dipakai.

# Copas link blog kalian, pilih artikel yang paling baik menurut kalian. Artikel yang paling baik adalah artikel yang sudah muncul dihalaman pertama Google. Copas linknya dan tempatkan dikolom Demosikan situs.

# Setelah itu kalian bisa klik demosikan situs yaitu tombol berwarna Merah yang ada disamping kanan Kolom.

# Tunggu hingga beberapa minggu untuk mendapatkan sitelink kalian, biasanya kalau blog yang umurnya sudah lama akan cepat muncul, tapi untuk blog baru butuh beberapa bulan agar cepat muncul. sambil menunggu lebih baik kalian update postingan blog untuk mempercepat perayapan Google terhadap situs kalian.

Apakah Sitelink Ini Akan Hilang Dengan Sendirinya ? Apa Penyebabnya...

Sebenarnya banyak sekali penyebab sitelink blog kalian hilang dari mesin pencari atau perayapan.

Namun ada satu faktor yang paling mempengaruhi Sitelink bisa hilang dengan mudah. yaitu masa berlakunya sudah habis. Bagaimana cara melihat masa berlaku sitelink sudah habis.

Kalian bisa lihat dibagian demosikan situs yaitu dibagian sitelink tadi, Disana akan tetera tanggal, bulan dan tahun kapan sitelink tersebut akan hilang dari perayapan mesin pencari. Ini memang benar membuktikan bahwa sitelink akan hilang jika waktunya sudah habis.

Tapi Ada Juga Faktor lainnya yang menyebabkan sitelink semakin berkurang lalu menghilang sendiri tanpa jejak sama sekalli

# Menurunnya Visitor Blog

Yang pertama yaitu menurunnya visitor blog kalian secara tiba-tiba, hal ini biasanya dipengaruhi oleh konten artikel yang sama sekali tidak relevan di blog kalian dan akhirnya serp engine lebih memilih untuk membuang sitelink blog kalian.

Tentu saja masalah faktor dari Visitor blog ini adalah masalah yang begitu penting dan sering kali membuat kita sebagai seorang blogger menjadi tidak nyaman lagi untuk menjalani aktivitas blogging.

# Jarang Update Artikel

Yang kedua yaitu kalian jarang sekali update artikel, padahal kalau blog sudah mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari paling tidak beberapa hari bisa update artikel agar blog lebih terlihat hidup dan mesin pencari selalu merayapi blog kalian dengan baik.

Kalau blog kalian jarang update maka kemungkinan besar Visitor juga aka menurun dan akhirnya sitelink menghilang dengan mudah juga.

# Sering Ganti Template

Yang ketiga yaitu kalian keseringan mengganti Template blog. Padahal mengganti template blog itu mempunyai dampak buruk yang harus kalian pikirkan. Apa dampak buruknya ?

Tentu saja Trafik akan cepat menurun, kemudian Visitor juga akan menurun secara Drastis, konten artikel jarang yang terindeks, walaupun kalian membuat artikel yang panjang sama sekali. Kalau sudah seperti itu butuh waktu yang lama juga agar trafik kembali lagi seperti semua.

# Banyak Ditemukan Error


sitelink blog facesiana

Yang berikutnya yaitu banyak ditemukan Link yang error dan tidak bisa diakses oleh para pengunjung dimesin pencari, ini perlu kalian perhatikan dengan benar-benar. Link yang Error akan membuat kualitas blog kalian menjadi kurang bagus dimesin pencari.

Paling tidak kalians sering memantau kesalahan dan error yang terjadi pada blog kalian di websmaster Google. Lihat dibagian Kesalahan Perayapan.

# Artikel Dicekal Robot


Penyabab Sitelink Hilang Dari Pencarian Google Dan Bagaimana Cara Mengembalikannya

Ini yang membuat para blogger pusing tujuh keliling, artikel yang terindeks malah dicekal Oleh robot mesin pencari, biasnya karena ada kesalahan dalam perayapan dan duplikat konten sehingga artikel kalian dicekal oleh mesin pencari.

Untuk menghilangkannya kalian harus update Robot.txt dihalaman Blogger.

# Mengganti Nama Dan Deskripsi Blog

Biasanya yang sering kali mengganti nama dan juga deskripsi blog adalah blogger-blogger yang masih pemula dan belum bisa menemukan jatidirinya sendiri.Yah benar sekali, saya juga pernah mengalami hal serupa diawal-awal ngeblog tahun 2013 lalu.

Memang mengganti nama blog dan juga Deskripsi blog akan mempengaruhi perayapan mesin pencari dan tentu saja akan membuat sitelink langsung hilang.
Bagaimana Cara Cepat Mengembalikan Sitelink Yang Sudah Hilang ?

Mudah sekali, ada beberapa cara yang harus kalian lakukan kalau sitelink blog kalian benar-benar hilang dari mesin pencari.


# Lihat Masa Berlakunnya Terlebih Dahulu

Kapan masa berlaku sitelink blog

Yang pertama yaitu dengan melihat masa berlaku sitelink terlebih dahulu, biasanya hanya berlaku untuk beberapa bulan saja. Sitelink punya saya ini hanya berlaku dalam 4 bulan saja.

Jadi kalau 4 bulan kedepan sitelink blog saya sudah hilang maka masa berlakunya sudah habis dan saya harus membuatnya lagi.

Untuk hal ini memang wajar karena sudah sesuai dengan masa berlaku sitelink tersebut.

# Buat Konten Yang Berkualitas

Yang kedua ini untuk sitelink yang hilang tidak sesuai dengan waktu masa berlakunya, biasanya karena hal-hal yang sudah saya ungkapkan diatas, Maka dari itu untuk memperbaikinya kalian harus update artikel yang berkualitas dan banyak dicari diInternet.

Hal ini memang sangat wajib dilakukan kalau mau sitelink kalian kembali lagi.

# Perbaiki semua Kesalahan Yang Ada

Selanjutnya kalian bisa memperbaiki semua keasalahan yang ada. Kesalahan perayapan di mesin pencari menjadi salah satu FAKTOR utama penyebab sitelink hilang mendadak.

Untuk itu pastikan kalian sudah memeriksa setiap halaman blog kalian dengan benar.

Itulah beberapa informasi mengenai seputar Pengertian sitelink, cara mendapatkan dan juga penyebabnya kenapa bisa hilang mendadak. Bagaimana tanggapan kalian ???

9 Responses to "Penyebab Sitelink Hilang Dari Pencarian Google Dan Bagaimana Cara Mengembalikannya"

  1. izin save dulu gan sape tau ane lagi butuh nantinya

    ReplyDelete
  2. pantesan sitelink ku sering ngilang ternyata begitu to penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, makasih sudah bertamu disini

      Delete
  3. Thanks gan akhirnya balik juga sitelink ane

    ReplyDelete
  4. Punyaku webmasternya kok blm ada tautsitus nya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu muncul secara otomatis gan ditunggu aja

      Delete
  5. wah susah juga ya gan kalo harus dapat sitelink itu

    ReplyDelete

close
close
close