Pengertian Niche Dalam Dunia Blogging

apa itu niche? maksud dari niche itu apa? bagi anda yang baru masuk atau baru kenal dunia blogging pasti sering bertanya tentang niche sebenarnya apa sih niche itu? mari ku jelaskan dibawah ini apa itu niche.

Niche blog adalah sebuah istilah dalam dunia blogging yang baru saya kenal sejak awal januari 2016 lalu
img src from faesiana.com



Saya akui saya memang masih pemula dalam dunia blogging, jadi harap dimaklumi kalau saya baru kenal yang namanya niche blog sejak Januari 2016 lalu. Apa sih niche blog itu? Sebagai sahabat Anda yang baik saya akan sedikit membahas mengenai niche blog pada artikel kali ini.

Niche Blog itu adalah

Sebuah blog yang membahas satu topik tertentu saja dan tidak membahas beragam topik. Contoh jika blog Anda hanya membahas seputar perawatan rambut maka niche blog Anda adalah perawatan rambut. Saya kenal dengan yang namanya niche blog setelah membaca artikel yang berjudul 4 Model Niche Blog dari temen saya dari sana saya menjadi sangat tertartik belajar dan mencoba berkarya dari yang namanya niche blog.

Terus apa kelebihan dari niche blog ituuu.....?

Menarik sekali untuk menilik apa kelebihan dari niche blog bila dibandingkan dengan blog gado-gado alias blog yang topiknya bercampur-campur. Berikut beberapa kelabihan niche blog :

membahas satu topik khusus, sehingga akan makin sempit topik bahasan yang kita bahas di blog. Dengan begitu kita tidak akan bingung ketika mencari ide-ide posting, sebab topik bahasan cuma satu. ya itu saja :D.

lebih mudah untuk menjadi blog otoritas, jika kita konsisten dan terus bekerja keras maka niche blog kita bukan tidak mungkin menjadi blog rujukan dan otoritas.

lebih mudah dioptimasi, sebab kata kunci yang kita bidik hanya berfokus pada niche kita. Contoh blog yang niche nya perawatan rambut maka pasti kata kunci yang dibidik seputar “perawatan rambut”.

Meski punya beberapa kelebihan, niche blog juga punya kekurangan, yakni dari segi trafik. Tentu saja trafik sebuah blog gado-gado yang dioptimasi maksimal akan lebih banyak dibanding niche blog, sebab dari segi jumlah posting blog gado-gado pasti punya lebih banyak posting.

4 Jenis Niche Blog

Berikut ke-empat jenis niche blog berdasarkan pandangan John James Robinson dalam ebooknya The Authority Site Adsense Guide.

Whole-niche , adalah niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik. Ambil contoh jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka Anda membahas seluruh topik, mulai dari template Blogger, panduan Blogger, seo Blogger dan keseluruhan Blogger.

Broad-niche, adalah niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik. Contoh jika blog Anda membahas seputar Blogger, maka blog Anda akan membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang, jadi pembahasannya meliputi, seo untuk blogger, hingga monetize blog Blogger Anda.

Themed-niche, adalah niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Misalnya blog Anda topiknya seputar Blogger, maka pembahasan di blog Anda hanya seo off page untuk blogger saja.

Micro-niche, adalah niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail. Misal topik blog Anda adalah seputar blogger, maka pembahasan di niche blog Anda nantinya hanya membahas seputar seo on page khusus riset keyword.

Bagaimana Me-Monetize Niche Blog?

Untuk monetize (menguangkan) niche blog Anda ada banyak alternatif yang bisa Anda pilih, misalnya :

memanfaatkan layanan iklan PPC, baik yang lokal maupun luar (sesuaikan dengan niche blog Anda, kalau niche blog Anda berbahasa Inggris maka pakailah PPC luar negeri.

Afiliasi. Ada banyak produk afiliasi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari niche blog Anda, contoh produknya misalnya yang ada di Amazon.com.

jual ebook.

jual jasa.

ruang iklan mandiri.

Baiklah pembaca, sekian dulu pembahasan kita mengenai niche blog. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian semua terimakasih sudah berkunjung di blog ini

14 Responses to "Pengertian Niche Dalam Dunia Blogging"

  1. wah jadi ngerti nih gue apa itu niche hehe maklum nubie

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe belajar terus gan tetap selalu jadi pengunjung setia kami

      Delete
  2. Wah bagus gan blog saya niche nya masih gado gado

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangun niche yang bermanfaat sesuaikan hobi gan

      Delete
  3. ane malah gk ada niche,.,.
    gado" lebih enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gado gado susah diterima adsense nya

      Delete
  4. Niche yang bagus tuh apa ya gan mohob rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. android gan karena masih sedikit di internet

      Delete
  5. oalah ini to yang dimaksud niche itu

    ReplyDelete
  6. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post. SEO For Back Links

    ReplyDelete

close
close
close