Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Like Ya Gan.

Tips Cara Membangun Niche Blog Yang baik Dan Benar

di era zaman sekarang memang sudah tak asing lagi berbisnis secara online khusus nya ngeblog.
Nah di sini saya akan mencoba membuktikan kepada anda bagaimana Cara Membangun Niche Blog Yang baik bahkan bisa juga menjadi bisnis Utama yang bisa anda jalankan disamping sela-sela bisnis di dunia Nyata.

Anggapan banyak orang bahwa dengan membuat blog itu secara instan bisa langsung mendapatkan penghasilan. padahal hal itu salah besar menurut saya. bisnis online seperti blogging juga harus berupaya keras dalam melakukan usahanya

img src from faesiana.com

Untuk Panduan blogging pertama ini saya ingin mencoba memberikan ulasan kepada anda para blogger bagaimana proses dalam melakukan Optimasi Niche Blog.

Kemudian Memasarkan Konten Blog beradasarkan Niche yang sudah kalian pilih, Dan yang terakhir yaitu Proses eksekusi Blog untuk memulai menghasilkan.

Mulai Dari Pengalaman Pribadi :

Di bulan Juni 2012 saya mulai membangun sebuah Blog yang mana isi dari blog tersebut saya rencanakan akan membahas mengenai dunia Otomotif, entah kerena keterbatasan wawas ataupun pengetahuan di dunia Otomotif maka saya menyerah begitu saja.

Bulan Juli saya mulai membangun lagi sebuah Blog dengan niche yang berbeda Yaitu mengenai kesehatan, hasilnya juga sama semua sumber yang saya dapatkan memberikan penjelasan yang berbeda sehingga membuat saya ragu untuk menulis konten artikel [ Takut Informasi Tidak benar ] Kemudian setelah itu. Mencoba lagi untuk membuat sebuah blog yang saya pikir akan menjadi blog saya yang terakhir, yaitu membahas mengenai dunia Blogging dan sekitarnya, tapi ternyata juga sama saja Masih gagal.

Alasanya sederhana saja .

Yaitu kompetitor yang begitu tinggi. Tapi saya tidak menyerah disitu. Mulai dari situ saya ingin mencoba membangun sebuah Blog yang memang memberikan sesuatu yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, namun tetap 1 kategori yaitu dunia Blogging.

Memang sedikit lebih rumit dan juga kacau pada saat pertama kali membuat konten. Tapi tetap saya coba hingga bisa. Alhasil semuanya bisa berjalan dengan Lancar, sampai saya memutuskan untuk membuat banyak blog dengan topik yang berbeda dan setiap 3 bulan sekali mulai menjualnya.

Hasilnya begitu lumayan, tapi ada yang disayangkan. Blog saya sendiri juga terjual.

Nah dari kasus diatas bisa Di lihat bahwa banyak sekali peluang yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan sesuatu dari Internet terlebih memanfaatkan dengan baik dan positif.

Dari kasus diatas juga memberikan pelajaran bahwa kita harus bisa konsisten dengan apa yang sudah kita minati, memiliki 1 Blog itu lebih dari cukup karena saya yakin dengan adanya 1 blog kalian bisa Fokus untuk mengurusnya.

Nah sahabat blogger, untuk kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai Teknik dalam memilih Niche sebuah Blog yang mampu menghasilkan untuk sebuah blog baru dalam jangka waktu tidak terlalu lama.

4 Pokok Pembahasan Yang Akan saya berikan Untuk Anda

Pemilihan Jenis Niche Blog
Proses Pencarian Keyword
Proses pembuatan blog

Dari beberapa Topik yang akan saya bahas mungkin sudah banyak yang memberikannya di internet.

Namun di sini ada beberapa penambahan yang mungkin bisa sedikit memberikan informasi lebih kepada kalian.

Kita awali dari Proses pemilihan sebuah Niche Blog...

Panduan Memilih Niche Blog Yang Tepat Dan Di Minati

Langkah pertama dalam membuat sebuah Blog baru tentu saja tak luput dengan yang namanya sebuah niche blog, Diana kita sebagai calon blogger harus tahu apa yang kita minati.

Jadikan hal yang kita minati sebagai Hobi nantinya untuk menulis konten.

Banyak blogger yang gagal karena tidak Fokus dengan konten yang di kelolanya, terlebih konten yang sama sekali tidak layak untuk di posting sehingga membuat para pengguna merasa di sesatkan.Pada dasarnya pemilihan niche blog memang harus sesuai dengan Minat hati kita pribadi.

Kalau anda berminat dalam dunia Teknologi maka buatkan konten yang bertemakan Teknologi

Kalau anda berminat dalam bidang Otomotif, maka buatlah tema mengenai dunia Otomotif.

Buatlah rincian atau niche yang besar dan jangan gunakan niche yang sempit, misalnya di sini saya akan membahas Niche Umum atau besar : “ Desain Rumah “. Kemudian untuk pemilihan Niche sempit : “ Desain rumah minimalis”.

Memang benar untuk pembuatan niche yang sempit kompetitornya tidak terlalu banyak sehingga membuat persaingan sangat mudah untuk kita, tapi apakah Kunjungannya juga akan banyak ? Belum tentu juga, Minat seseorang juga berbeda-beda.

Alangkah lebih baiknya kalau anda membuat sebuah Niche Besar dan kategorikan sesuai dengan apa yang anda tahu, misalnya Niche Otomotif “ Motor “ maka bahaslah perkategori yaitu “ Berita Motor”, “Tips Motor “, “ Review Motor “ dan lain sebagainya, seperti itu jauh lebih baik dari pada harus 1 niche.

Beberapa Bidang Industri yang paling Populer mungkin salah satunya bisa menjadi rekomendasi untuk anda :

Fhasion
Makanan
Pabrik
Perusahaan
Desain Rumah
Games
Teknologi
Gadget
Edukasi atau sains
Olahraga
Fitness
Psikologi
Bisnis dan marketing
Karir
Job pekerjaan
Lowongan Kerja
Rumah dan keluarga
Unik dan aneh
Pengembangan diri
Desain, seni Grafis
Politik dan Sosial Budaya
Kebun
Pertanian
Hewan dan peliharaan
Fotografi
Diary
Musik
Review [ Gadget, Laptop, Softwere ]
Adat Budaya dan masakan
Traveling
Kacantikan
Properti
Otomotif
Keuangan
Mainan
Kegiatan Outdoor
Kegiatan Indoor
Releationship ( Teman, Pacar, pernikahan )
Dan lain –lain

Perlu kalian ketahui yang saya tuliskan diatas bukan dalam bentuk Niche dan masih dalam bentuk Umum ( Universal ) pergunakan kemampuan akan minat anda untuk dijadikan dalam sebuah Niche atau kategori yang lebih spesifik lagi.

Kemudian lanjut ke Topik pembahasan yang kedua..

Baca Juga :Pengertian niche

Panduan Menentukan Keyword Untuk Niche Dan Konten Blog

Untuk topik pembahasan yang kedua ini yaitu Topik pembahasan pemilihan Keyword yang tepat untuk memaksimalkan tingkat persaingan yang ada di serp engine, beberapa dari para blogger menggunakan Tools yang diberikan oleh Google yaitu Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci.


Beberapa di antaranya lebih memilih dengan cara prediksi dan Logika, cara ini lebih dikuasai oleh para master SEO yang ada di luar sana, bagi kita untuk pemula apa salahnya untuk mencoba pencarian dengan Keyword Planner.

Selain menggunakan keyword planner masih banyak lagi cara yang lainnya yaitu dengan menggunakan beberapa Tools baik itu Barbayar dan ada juga yang gratisan, sesuaikan saja dengan kebutuhan anda untuk mendapatkan keyword yang akurat dan tertarget.

Dari Niche yang sudah kalian pilih belum sepenuhnya bisa memberikan hasil yang lebih spesifik untuk pencarian di serp, perbaiki lagi dengan membuatnya lebih bervariasi.

Misalnya saja untuk keyword “ Cara memilih niche blog “ tentu saja untuk persainganya sangat tinggi, untuk itu tugas anda lebih membuatnya sederhana lagi dengan menggunakan Tools riset keyword.

Proses Pembuatan Blog

Lanjut ke proses persiapan dan pembuatan sebuah blog, untuk yang pertama kali dalam proses pembuatan blog tentu saja niche, nah untuk kali ini kita akan mencoba memilih platform apa yang sesuai dengan minat anda.

Lihat terlebih dahulu apa tujuan kita membangun sebuah blog, tentu saja tujuannya bisa untuk mendapatkan penghasilan, kemudian ada juga yang ingin mendapatkan informasi tambahan, memberikan informasi, atau hanya sekedar Hoby saja.

Jika ingin membangun blog untuk menghasilkan uang saya lebih menyarankan menggunakan Blogger, namun jika hanya sekedar untuk belajar blogger juga bisa bahkan wordpress juga bisa.Tergantung selera anda. Dan Itu wajar , Karena semua orang mempunyai tujuan ngeblog masing-masing.

Persiapan untuk membuat blog yang harus kalian lakukan :

A. NAMA BLOG

Nama blog menjadi hal penting untuk kamu tetapkan di awal, kamu bisa menggunakan nama pribadi personal ataupun juga sesuai dengan kategori yang sudah kamu pilih. Sesuaikan dengan apa yang kamu minati. 

Ingat dalam memilih nama blog alangkah lebih baiknya jika search terlebih dahulu di Google, apakah ada blogger yang menggunakan nama yang sama atau tidak, Jika tidak maka bisa digunakan, jika sudah ada lebih baik ganti dengan nama lainnya. Bisa jadi tingkat persaingannya sangat tinggi.

Gunakan nama yang mudah di hafal orang lain dan mudah di ketik, sehingga banyak pengguna blog tak keropotan pada saat mengunjungi blog anda.

Nama blog boleh panjang ataupun boleh pendek, yang pasti tetap relevan dan jangan terkesan absurb.

Misalnya saja “ Panduanet – Informasi mengenai dunia Internet “. Nama seperti itu jauh lebih baik dari pada nama “ Panduangenet “

B. DESKRIPSI BLOG

Pastikan untuk pengisian deskripsi sesuai dengan tema blog yang sudah kalian minati dan sudah kalian pilih, pastikan isi deskripsi menyangkut semua tema pembicaraan dari blog kalian.

Misalnya saja kalian memilih niche Otomotif “ Blog yang memberikan informasi mengenai Dunia Otomotif | Review Motor | Turorial Motor “ dan kata-kata Lannya yang bisa saling berhubungan.

C. TEMA BLOG

Gunakan tema yang Simpel dan sederhana saja biar lebih mudah untuk diakses banyak orang, jangan terlalu menggunakan tampilan Yang elegan karena bisa membuat loading blog menjadi lebih lambat dari yang biasanya.

Mungkin dari sini dulu artikel kita kali ini, semoga bisa sedikit memberikan manfaat dan informasi yang berguna untuk kalian pada blogger terutama blogger Indonesia.

6 Responses to "Tips Cara Membangun Niche Blog Yang baik Dan Benar"

  1. oh begini to caranya membangun niche blog itu thanks gan

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  3. ane pake niche kesehatan semoga saja yang saya perdalami ini bisa bermanfaat untuk semua orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin gan teruslah bersemangat gan jangan mudah putus asa

      Delete

close
close
close