Cara Membuat Blog Agar Seo Mobile Friendly

Cara membuat blog agar seo mobile friendly kini semakin banyak dicari oleh para pengguna blogspot, kenapa ? Karena pada tanggal 21 april 2015 lalu google resmi meluncurkan algoritma baru yaitu Google MobileGeddon. jadi kita mau tidak mau harus mengikuti perubahan itu agar blog kita jumlah pengunjung/visitornya tidak menurun.

Saat ini, semua orang memiliki ponsel smartphone. Mereka pun dapat terus berkomunikasi dan mencari informasi. Di banyak negara, jumlah ponsel cerdas telah melampaui jumlah komputer pribadi. Artinya, memiliki situs web yang sesuai untuk seluler (mobile-friendly) telah menjadi bagian penting dalam keberadaan online.


Mengapa situs web harus seo mobile friendly ?

Cara Membuat Blog Agar  Seo Mobile Friendly
img src from: www.google.com

Versi desktop suatu situs mungkin sulit dilihat dan digunakan di perangkat seluler. Versi yang tidak mobile-friendly mengharuskan pengguna mencubit atau memperbesar situs web agar dapat membaca konten. Pengguna menjadi jengkel dan cenderung meninggalkan situs. Sebaliknya, versi yang sesuai untuk seluler mudah dibaca dan dapat segera digunakan.
Di Amerika Serikat, 94% orang yang memiliki ponsel cerdas mencari informasi lokal di ponsel mereka. Menariknya lagi, 77% penelusuran seluler dilakukan di rumah atau kantor, tempat yang mungkin memiliki komputer desktop.

Ponsel sangatlah penting bagi bisnis Anda, dan akan terus seperti itu – baik Anda menulis blog tentang tim olahraga favorit, mengerjakan situs web untuk komunitas teater, atau menjual produk kepada calon klien. Pastikan pengunjung dapat memiliki pengalaman yang baik di situs Anda saat mengunjungi dari perangkat seluler!

Cara mengetahui blog apakah mobile friendly atau tidak 

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengecek apakah laman web blog yang anda miliki sudah mobile friendly atau belum, salah satu cara yang cukup efektif untuk mengetahui template blog yang anda gunakan sudah support versi mobile atau mobile friendly atau belum anda bisa menggunakan tool gratisan yang sudah disediakan oleh google yang dibuat khusus untuk mengecek situs mobile friendly, dengan memasukan alamat url blog anda anda bisa mengtahui mengenai situs anda apakah sudah support versi mobile atau belum. jika diketahui bahwa blog anda belum support mobile friendly maka anda harus segera membuat template blog anda agar support mobile friendly. Untuk Mengecek apakah blog kamu sudah support mobile friendly anda bisa klik link ini

Adapun ciri-ciri template blog yang sudah support mobile friendly

Berikut adalah beberapa ciri-ciri template blog anda sudah mobile friendly
  1. Blog yang sudah mobile friendly akan di beri label Mobile Friendly di hasil pencarian google yang yang menggunakan perangkat mobile. Untuk saat ini jika anda kebetulan menggunakan perangkat mobile seperti misalnya hp, tab atau perangkat mobile lainnya untuk melakukan pencarian google, maka jika anda menemukan label mobile friendly di hasil pencarian, berarti itu menandakan situs atau blog tersebut sudah support perangkat mobile dan sudah memenuhi algoritma mobile geddon. tidak jika sebaliknya
  2. Tampilan blog atau situs yang support mobile friendly akan bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile yang digunakan
    Cara Membuat Blog Agar  Seo Mobile Friendly
    Tampilan blog mobile friendly akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile, sehingga anda tidak perlu scroll secara horizontal kekiri dan kekanan.
  3. Ukuran text bisa dibaca tanpa harus memperbesar halaman, kemudian ukuran gambar dan menu dapat menyesuaikan dengan lebar layar dari perangkat yang digunakan.
  4. Jika di cek menggukanan mobile friendly, didapat informasi "Bahwa blog yang anda gunakan support mobile friendly"


Manfaat Template Yang Support Seo Mobile Friendly


1.Memudahkan pengguna dalam menjelajahi situs anda

Bantulah pengunjung situs Anda menuntaskan tujuan mereka. Mereka mungkin ingin dihibur oleh entri blog Anda,misal nya blog saya ini menggunakan niche tentang blogging dan tujuanya yaitu untuk memudahkan anda tentang dunia blogging

Desain situs Anda untuk membantu mempermudah pelanggan menyelesaikan tugas yang paling umum mulai dari merancang tugas, mengunjungi situs Anda, hingga menyelesaikan tugas.
Coba sederhanakan pengalaman dan kurangi jumlah interaksi pengguna. lihat gambar dibawah ini
Cara Membuat Blog Agar  Seo Mobile Friendly
Pada contoh diatas : (1) pelanggan mengeklik situs setelah menelusuri lampu yang akan dibeli, (2) menjelajahi pilihan lampu; dan (3) membeli lampu yang diinginkan.

2.Dapat mengukur effektivitas situs web anda

Cara Membuat Blog Agar  Seo Mobile Friendly Membuat situs seluler memerlukan penentuan prioritas. Mulailah dengan mengerjakan tugas yang paling penting dan umum bagi pelanggan Anda di perangkat seluler. Dapat mendukung tugas ini sangatlah penting dan inilah alasan pengukuran situs seluler Anda berupa seberapa baik pengguna dapat menyelesaikan tujuan mereka. Ada juga cara untuk membuat desain situs Anda mendukung kemudahan penggunaan. Fokuskan pada konsistensi antarmuka dan berikan pengalaman terpadu di seluruh platform.

"Pembeli seluler mengutamakan kemudahan penggunaan terkait situs belanja seluler, dengan 48% responden yang menyebutkan hal tersebut sebagai kualitas terpenting dari situs seluler yang mereka kunjungi,"





Kesalahan teratas yang harus dihindari oleh pemula


    Melupakan pelanggan seluler mereka.

    Ingat bahwa situs seluler yang bagus itu berguna – situs tersebut dapat membantu pengunjung menyelesaikan tugas mereka, baik tugas membaca artikel yang menarik atau memeriksa lokasi toko Anda. Jangan terjebak dalam perangkap untuk hanya membuat situs yang diformat untuk seluler (yang terlihat menarik di seluler) karena akan menghilangkan semua fungsi yang berguna. Sebagai gantinya, ingat untuk membuat situs mobile-friendly (yang sangat berguna untuk pelanggan seluler dan dioptimalkan untuk tugas yang paling umum untuk pengguna)

    Menerapkan situs seluler di berbagai domain, subdomain, atau subdirektori dari situs desktop.

    Meskipun Google mendukung beberapa konfigurasi situs seluler, membuat URL seluler terpisah sangat meningkatkan jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk memelihara dan memperbarui situs Anda, serta menghadirkan kemungkinan sumber masalah teknis. Anda sering kali dapat menyederhanakan segalanya secara signifikan dengan menggunakan desain web responsif (RWD) dan memberikan URL yang sama untuk desktop dan seluler! Desain web responsif adalah konfigurasi yang disarankan Google.

    Bekerja dalam isolasi, bukan mencari inspirasi.

    Lihat situs lain dalam bidang Anda atau pesaing Anda untuk inspirasi dan praktik terbaik. Meskipun Anda mungkin bukan yang pertama di industri dengan situs seluler, Anda memiliki keuntungan dengan dapat mempelajari orang lain sebelum Anda. The Mobile Playbook dan Kisah Sukses Multilayar Google juga penuh dengan ide.

    Lalu  Bagaimana Cara Membuat Template Agar Support Mobile Friendly ?


    Cara membuat template blog agar mobile friendly dan SEO

    Apapun yang anda lakukan untuk mengatahui template blog anda apakah mobile friendly atau belum, kemudian anda mendapatkan informasi bahwa template blog yang anda gunakan kebetulan tidak mobile friendly maka cara berikut bisa anda lakukan untuk membuat agar template blog anda mobile friendly dan lebih seo.

    Sebenarnya ada dua macam cara bagaimana membuat blog support mobile friendly dan disini saya akan menjelaskan dua cara itu, langsung saja berikut ini.


    1.Dengan Mengaktifkan Laman versi seluler yang disediakan oleh blogger

    Cara ini merupakan cara termudah membuat blog menjadi mobile friendly, caranya adalah dengan mengaktifkan fasilitas laman seluler default yang sudah disediakan oleh blogger itu sendiri, cara ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan template blog yang tidak responsive, dengan cara ini anda tidak perlu repot-repot harus memodifikasi template blog anda menjadi responsive, cukup dengan mengaktifkan versi seluler bawaan blogger maka template blog anda akan menjadi mobile friendly, untuk mengkatifkan template blog mobile friendly bawaan blogger langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    a. Silahkan anda masuk ke akun blogger anda

    b. Pilih blog anda, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau             template, maka     akan tampil seperti gambar dibawah ini
    Cara Membuat Blog Agar  Seo Mobile Friendly

    c. pada tampilan template seperti gambar diatas, silahkan anda klik tombol bergambar         roda gigi yang     terletak dibawah tampilan pratinjau seluler, maka akan tampil seperti     gambar dibawah ini:

    Cara Membuat Blog Agar  Seo Mobile Friendly

    d. Pada gambar diatas silahkan anda pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat           seluler",kemudian pada pilihan Template seluler, anda bisa memilih template yang             tersedia, awas jangan memilih Khusus karena pilihan itu hanya untuk template yang         sudah responsive, jika sudah jangan lupa tekan tombol "Simpan".

    Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil mengaktifkan template seluler bawaan blogger untuk blog anda, dengan cara ini sekali lagi anda tidak perlu memiliki template blog responsive, karena semuanya sudah diataur oleh blog itu sendiri.

    2.Dengan Menggunakan Template Seo Responsive

    Sebelumnya barangkali anda pernah mendengan atau bahkan sudah mengenal mengenai template blog responsive, Ya template blog responsive adalah template blog dimana tampilannya bisa menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang menggunakannya, template blog responsive merupakan template blog seo friendly, namun tetap ketika anda menggunakan template blog responsive maka anda harus mengaktifkan template blog tersebut agar bisa diakses dan aktif ketika blog di akses menggunakan perangkat mobile, untuk mengaktifkan template blog responsive pada blog anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    a. Silahkan anda masuk ke akun blogger anda

    b. Pilih blog anda, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau             template, maka     akan tampil seperti gambar dibawah iniCara Membuat Blog Agar  Seo Mobile Friendly

    c. pada tampilan template seperti gambar diatas, silahkan anda klik tombol bergambar         roda gigi yang     terletak dibawah tampilan pratinjau seluler, maka akan tampil seperti     gambar dibawah ini:

    Cara mengaktifkan template responsive blog

    d. Pada gambar diatas silahkan anda pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat           seluler", kemudian pada pilihan Template seluler, silahkan anda pilih khusus dan               kemudian klik save/simpan.

    Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil mengaktifkan template blog responsive pada blog anda.

    Untuk cara ini ada beberapa blogger yang menyarankan untuk memilih "Tidak, tampilkan template seluler pada perangkat seluler", jika anda memilih cara tersebut saya kira kurang efektif karena akan menyebabkan perintah-perintah yang berkaitan dengan kode template untuk seluler pada blog yang anda gunakan yang mungkin diperlukan untuk kemudian hari akan menjadi tidak aktif.

    Oleh karena itu maka pilihlah pilihan "Ya tampilkan template blog seluler pada perangkat seluler" kemudian pada pilihan "Pilih template seluler" silahkan anda pilih ", dengan cara ini template blog responsive yang anda gunakan akan semakin dinamis, artinya template blog anda akan mengenal perintah-perintah kode template untuk seluler sehingga akan lebih mudah untuk memodifikasinya.

    Demikian artikel sederhana tentang Cara Membuat Blog Agar Mobile Friendly dan lebih SEO,dengan cara tersebut akan membuat blog anda yang tadinya tidak mobile friendly akan menjadi mobile friendly sehingga akan tampil bagus di layar ponsel dan selain tampilan blog anda semakin menarik, bagus dan keren, juga akan semakin SEO , selamat mencoba dan terimaksih telah berkunjung di blog kami.

    31 Responses to "Cara Membuat Blog Agar Seo Mobile Friendly "

    1. Wah keren gan blog saya pengunjungnya rata rata juga pakai smartphone jadi enak dilihat deh blog nya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Oke gan sama sama thanks udah berkunjung dimari

        Delete
    2. Thanks gan akhirnya dapat juga cara yang begitu detail dan jelas mudah dipahami. Top dah jungle folk

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama sama gan. Ente lebih top dari ane

        Delete
    3. Thanks gan akhirnya nemu juga tutornya

      ReplyDelete
    4. Thanks gan nambah ilmu saya

      ReplyDelete
    5. Wah udah page one aja gan post ini pdhl baru ya ngepost nya

      ReplyDelete
    6. Thanks gan sangat bermanfaat sekali

      ReplyDelete
    7. Replies
      1. thanks komandan,,btw gimana kabarnye?

        Delete
    8. kalo udah mobile friendly enak ya pengunjungnya tidak ribet

      ReplyDelete
    9. Nice artikel gan

      ReplyDelete
    10. wah thanks gan artikelnya sangat bermanfaat sekali good job

      ReplyDelete
    11. sangat bermanfaat gan artikelnya lengkap sekali

      ReplyDelete
      Replies
      1. makasih gan ditunggu kunjungan selanjutnya

        Delete
    12. Akan lebih bagus lagi jika blogger support google amp ndan

      ReplyDelete
      Replies
      1. iyap tapi google amp belum sepenuhnya support gan di blogger

        Delete
    13. thanks gan sangat bermanfaat sekali jadi bisa mobile friendly nih blog ane hehe mantab deh pokoknya

      ReplyDelete
    14. sama samma gan thanks udah berkunjung di blog ane

      ReplyDelete
    15. wah enak juga ya gan pake mobile friendly

      ReplyDelete
    16. Caranya menampilkan widget tertentu gimna gan? Trims

      ReplyDelete
      Replies
      1. Contoh widget nya misal nya apa gan?? Kalo semacam widget halaman fb ya cuma seperti biasa aja bisa

        Delete
    17. Siip gan, terima kasih ilmunya....

      ReplyDelete
    18. Mantab gan....thanks berat infonya sangat berguna....mampir yah ke http://vorkisproof.blogspot.co.id/

      ReplyDelete

    close
    close
    close