Cara Meningkatkan Rangking Blog Di Mesin Pencari Google (SEO)

Meningkatkan Rangking blog dihalaman pertama google itu memang bukan perkara yang sangat mudah, harus ada perjuangan panjang yang kita hadapi dan juga keseriusan untuk menjadikan blog mempunyai otoritas yang bagus di mesin pencari salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan peringkat atau ranking blog di mesin pencari.

Cara Meningkatkan Rangking Blog

Tidak mudah sebenarnya membuat tutorial ini namun akan saya berikan dengan jelas dan sesuai dengan pengalaman yang sudah pernah saya lakukan sebelumnya.

Sering kali kita melihat banyak pengguna website yang mencoba untuk mengakali dengan meningkatkan peringkat website di mesin pencari tidak dengan cara yang natural sehingga mudah sekali menerima “Hukuman” dari pihak Mesin pencari sendiri, tak lain yaitu adanya sandbok, Pinalti dari google dan hukuman domain Not acces.

Untuk itu gunakanlah cara-cara yang mudah dan Juga natural terlebih kalau kalian ingin menjadi blogger yang benar-benar mau berusaha dan menggunakan blog untuk berbisnis di masa depan.

Dalam artikel ini ada beberapa panduan SEO meningkatkan ranking blog di mesin pencari yang akan saya bahas.

Berikut Daftar isi dari artikel yang akan saya bahas.

  1. Bagaimana membuat konten yang relevan Untuk situs Blog anda 
  2. Bagaimana menggunakan alur dan bahasa yang baik dalam membuat konten blog. 
  3. Membuat segmentasi Halaman yang baik 
  4. Memperhatikan struktur Konten Anda 
  5. Melakukan Riset Kata kunci Yang Relevan 
  6. Melakukan Riset kata kunci sesuai dengan konten artikel atau Topik Pembahasan 
  7. Memanfaatkan BACKLINK untuk Mendongkrak Peringkat website di mesin pencari 
  8. Memanfaatkan Media sosial 
  9. Memaksimalkan Website di mesin pencari 
Nah itulah beberapa daftar isi yang akan kita bahas kali ini, Ok langsung saja kita lanjut ke Pembahasan yang pertama :

# Bagaimana membuat Konten yang relevan

untuk situs anda Dalam kasus ini pembuatan sebuah konten bisa di kaitkan dengan topik blog yang kita ambil, kita mengambil beberapa topik yang mungkin bisa di gabungkan sekaligus dalam 1 niche khusus atau Niche yang lebih luas.

Misalnya saja disini saya mengambil Niche mengenai blogging,seo tips dll
Yang mana isinya saya kembangkan menjadi lebih luas. Nah untuk membuat konten relevan dan baik untuk pengunjung tentu kalian harus memperhatikan keakuratan dan keluasan Topik yang di bahas dalam blog.

Terutama topik yang berhubungan dengan Niche blog kalian sendiri.

Banyak blogger yang membuat Topik semakin sempit, Hal ini bisa di bilang untung dan tidak untung.

Untung dalam kata lain jika niche sempit ini banyak di cari pengguna internet, Tidak untung jika persaingannya ketat dan juga tidak untung kalau artikel yang dibuat sama sekali tidak abadi di mesin pencari ( MUDAH PUDAR ).

Meningkatkan konten sesuai dengan Pencarian di website memang tidak mudah, butuh keseriusan dalam pembuatannya sendiri.

Terlebih dalam merancang kata-kata yang digunakan juga harus benar-benar enak untuk di pahami semua blogger dan pengguna di internet.

Sebenarnya ada 2 Faktor yang mempengaruhi kenapa konten kalian sama sekali tidak di baca oleh pengguna internet.

Pada dasarnya BUKAN TIDAK MAU DI BACA, melainkan konten yang kalian buat tidak berada di page one atau halaman pertama Google sendiri.

Ini yang mendasari kenapa konten kalian sulit mendapatkan pembaca dari mesin pencari. Faktor pertama masalah banyaknya karakter yang digunakan dan Kualitas dari konten itu sendiri.

Kalau kalian ingin blog kalian berada di Peringkat teratas Google atau 10 halaman pertama google maka kalian perlu dalam membuat konten yang memiliki karakter hingga ribuan.




Namun harus tertaget dan pembahasan yang di berikan jangan sampai membuat pengguna blog kalian malah bosan.

# Menggunakan bahasa Yang Natural Dan Mudah Di Pahami Pengguna Newbie




Dalam pembuatan konten sendiri tentu kita sudah bisa menentukan jenis bahasa seperti apa yang cocok untuk digunakan dalam pembuatan konten artikel nantinya.

Kita bisa melihat terlebih dahulu jenis niche yang ada di blog kita itu untuk pembaca seumuran berapa, Nah untuk mengetahuinya kita lihat terlebih dahulu pembaca-pembaca yang ada di website-website terkenal.

Kita lihat konten seperti apa yang paling banyak di cari pembaca dengan umur 17-20 Tahun, 25-30 Tahun dan lain-lainnya.

Biasanya pembaca yang umurnya masih remaja sering membuka yang namanya artikel pendidikan untuk mengerjakan tugas sekolah, kemudian artikel mengenai Games android dan PC. Dan lain-lain.

Untuk itu buatlah sebuah konten dengan bahasa yang mudah di pahami, tidak usah terlalu Formal dan terlalu bertele-tele, itu bisa membuat mereka tidak paham dengan informasi yang kalian berikan.

Kalau mengenai tutorial yang berikan secara rinci dan singkat dalam pembuatan bahasanya sendiri.

Terlebih dalam menjelaskan step By Step tentu harus lebih detail. Kalau blog kalian lebih ke kategori Games maka buat bahasanya lebih simpel dan enak di baca terlebih untuk Niche download.

Arti dari pembaca yaitu kita manusia itu sendiri dan spider merupakan salah satu robot peryarapan yang merayapi blog kita setiap hari.

Ini membuktikan bahwa konten dengan banyak kata kunci sama sekali tidak bermanfaat untuk pembaca internet.

Kita harus tahu bahwa pembaca di internet itu mencari Pengetahuan, Informasi dan penyelesaian masalah. Kenapa kita membuat konten dengan penuh bahasa Kata kunci ? Itu merupakan teknik yang salah.

# Segementasi Halaman Blog Kalian



Kemudian langkah selanjutnya untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari salah satu hal yang bisa kalian dengan melakukan segmentasi setiap halaman blog kalian.

Jangan pernah mencoba-coba untuk mengakali mesin pencari dengan menggunakan CSS dan Javascript dalam meningkatkan otoritas di mesin pencari, hal seperti ini bisa berbahaya untuk kualitas dan kondisi blog kalian sendiri.

Kenapa segmentasi begitu penting dalam sebuah Blog ?

Kita tahu dalam menggunakan blog dan website memiliki tata letak sendiri-sendiri baik di bagian konten yang penting dan pokok utama bahasan yang digunakan kemudian bagian header, Footer dan juga Sidebar yang berguna sebagai pendukung dari tampilan blog kalian sendiri.

Dimana segementasi ini memaksimalkan penggunaan konten yang di anggap paling penting yang nantinya bisa kalian suguhkan kepada pengguna di internet dan ini memang sangat berpotensial menghasilkan pengunjung blog yang banyak.

Konten yang paling penting dan di anggap merupakan konten utama yang kalian buat merupakan konten yang di perhatikan oleh google, sedangkan konten yang ada di bagiani-bagian seperti Header, sidebar dan Footer merupakan konten pendukung yang memberikan sinyal tambahan kepada mesin pencari.

Contoh :



# Perhatikan Struktur Konten Blog Dengan Baik


Konten merupakan salah satu aset yang sangat bernilai dalam sebuah blog, dimana google atau mesin pencari selalu mengutamakan Konten-konten yang relevan dan mudah di pahami semua pembaca, oleh karena itu Google selalu memberikan kesempatan kepada konten-konten yang memiliki pembahasan penting dan relevan dengan menyajikannya kepada para pembaca di internet.

Kita bisa melihat dari website-website yang sudah populer di mesin pencari, mereka memberikan pengertian mengenai pembahasan sesuatu dengan lengkap dan pasti mulai dari pendahuluan, isi per paragraf, kesimpulan dan juga penutup.

Ini merupakan struktur Komponen konten yang lengkap dan juga bagus untuk di baca.

Perhatikan beberapa model struktur konten yang enak untuk di baca dan relevan untuk mesin pencari :



# Melakukan Riset Kata kunci Yang Tertarget


Langkah berikutnya dengan cara melakukan riset kata kunci yang tertaget, apa sih mas kata kunci yang tertarget itu ? Merupakan kata kunci yang benar-benar di gunakan orang dalam mencari informasi di mesin pencari.

Misalnya saja website kalian membahas mengenai Jasa Travel Jogja, mungkin kalian bisa melakukan riset terlebih dahulu di Google keyword Planner dengan melihat pencarian dalam sebulan itu berapa.

Semakin tinggi penggunaan kata kunci tersebut maka semakin kecil pula peluang yang kalian dapatkan untuk masuk 10 besar google.

# Lakukan Riset Kata kunci Pada Konten blog kalian





Yang berikutnya dengan melakukan riset kata kunci pada konten artikel kalian, riset kata kunci ini berdasarkan dengan artikel terkait yang ada di bagian Post Info pembahasan, Dimana biasanya pada sebuah blog yang sudah menggunaka Plugin atau script artikel terkait akan muncul di bagian bawah akhir postingan, Ternyata fungsinya juga sangat penting untuk mendongkrak sinyal dari mesin pencari, Manfaatkan cara ini untuk mendapatkan posisi yang lebih baik lagi di mesin pencari.
Riset kata kunci ini bisa kalian lakukan di google keyword Planner. Lalu kembangkan sendiri.Dalam pembuatan Kata kunci konten yang relevan perhatikan juga jarak sistematik pada konten yang kalian buat, ini di lakukan agar peletakan kata kunci tepat dan mudah di rayapi. Lihat gambar dibawah ini :



# Menggunakan Backlink

Benar sekali, semua master seo mengakui bahwa backlink sangat berguna sekali dalam memaksimalkan website di mesin pencari, terlebih dalam Fungsiny sendiri Backlink memberikan dongkrakan yang baik terlebih jika backlink tersebut benar – benar berkualitas.



# Gunakan Media SOSIAL Media sosial

sangat berperan besar dalam memaksimalkan blog dan konten kalian di mesin pencari, semakin banyak jumlah page view dari konten yang dibaca maka semakin besar peluang konten duduk manis di peringkat teratas mesin pencari.

Sosial media seperti facebook, twitter, Google plus dan lain-lain mempunyai manfaat besar untuk menjaring pengguna dan sebagai awal perkembangan website.

# Memaksimalkan website di mesin pencari


Kata memaksimalkan tak lain yaitu dengan cara memberikan asupan yang baik untuk blog atau website kalian, bagaimana caranya ?

Perbanyak pembuatan konten artikel, Gunakan bahasa yang komunikatif, gunakan tampilan yang enak di lihat dan maksimalkan penggunaan backlink sebagai salah satu pendongkrak otoritas situs di mesin pencari.

Di era modern Ini banyak sekali website-website online yang berupaya dan bersaing untuk mendapatkan posisi yang terbaik di mesin pencari, Orang-orang di internet mungkin sudah mengenal yang namanya ZMOT ( Zero Moment Of Truth ).

Keterangan :


Stimulus : Orang yang mencari produk di mesin pencari.

ZMOT : Orang-orang yang mencari seputar informasi mengenai produk dan layanan-layanan yang ada di mesin pencari.

First Moment Of Truth : Melakukan keputusan ingin membeli atau tidak

Second Of truth : menggunakan produknya dan puas Pada skema yang saya berikan di atas kita mengetaui bahwa orang-orang mencari keputusan untuk mencari dan membeli produk sesuai dengan harapan yang di Inginkan.

Bukan hanya berhenti di situ saja, orang-orang yang sudah membeli produk dari website tentu saja akan memberikan Feedback ataupun Review untuk website, ini sangat penting jika website kalian merupakan website online shop.

Jadi bagaimana pembuatan Konten untuk memaksimalkan website yang lebih seo ? Tentu saja dengan menggunakan Konten yang lebih Kreatif dan komunikatif, Konten harus relevan alias terkait dengan pokok pembahasan yang ada dan juga Konten kalian harus penting di ketahui pembaca di internet.

Kemudian sedikit tambahan dari saya yaitu dengan memanfaatkan 5 detik pertama kali pengguna website kalian berkunjung, di mana 5 detik pertama ini sangatlah kursial bagaimana pengguna akan meninggalkan website kalian.



Dalam 5 detik pertama pengunjung website tidak paham dengan apa yang kalian tawarkan besar kemungkinan mereka akan pergi menjauh dari website kalian. Maksimalkan dengan cara membuat konten kalian yang Fokus dan mudah di pahami.

Contoh Mudah bisa lihat gambar Homepage dari website di bawah ini, kalian pasti sudah tahu 5 detik pertama melihat gambar ini, yap sebuah Cara menjadi koki dalam pembuatan kue.

Itu yang saya maksud membuat pengguna paham dengan apa yang kalian tawarkan.

Dan ini merupakan contoh website yang mungkin lebih sulit di pahami dalam 5 detik, coba bandingkan..

mungkin itu saja sedikit tips dari saya semoga bermanfaat untuk anda.Terimakasih sudah berkunjung di blog kami...

12 Responses to "Cara Meningkatkan Rangking Blog Di Mesin Pencari Google (SEO)"

close
close
close